Jumat, 20 Januari 2017

Cara Menghitung Data dengan 2 Kriteria yang Sesuai dengan Menggunakan Rumus COUNTIFS

kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghitung data yang memiliki 2 kriteria menggunakan rumus fungsi COUNTIFS. Rumus ini akan menghitung lebih dari 1 kriteria sedangkan jika Anda akan menghitung hanya satu kriteria saja maka silakan gunakan rumus COUNTIF dan apabila Anda akan menghitung jumlah data silakan gunakan rumus COUNTA.

Rumus-rumus COUNTIF dan COUNTA sudah pernah saya bahas sebelumnya silakan Anda baca-baca tulisan saya yang lain di blog excel ini. Pembahasan kali yaitu penggunaan rumus COUNTIF untuk menentukan jumlah dengan kriteria yang cocok

Bagaimana penggunaan rumus COUNTIFS dalam Ms. Excel?

Baiklah berikut saya coba ScreenShot contoh penggunaannya dalam bentuk Excel worksheet.

Coba Anda perhatikan contoh diatas saya memiliki data yang terdiri dari nama-nama kota anggap saja kota-kota tersebut sedang melakukan update data dan update data tersebut dilakukan beberapa kali sehingga ada saya tampilkan data bulan berikut dengan jumlah data yang masuk untuk setiap kali kota tersebut update entri datanya.


Untuk menentukan jumlah item (kota) Anda bisa gunakan rumus COUNTA sehingga akan menghasilkan angka 5 karena jumlah data untuk terdiri dari 5, sedangkan untuk menentukan jumlah total untuk kota Majalengka terjadi 3 kali update maka Anda gunakan rumus CONUTIF silakan tuliskan rumusnya =COUNTIF(D3:D7;"Majalengka")

Dan untuk menentukan berapa jumlah total majalengka yang telah melakukan update lebih dari 60 data? Maka Anda gunakan rumus CONUTIFS nam bagaimana penulisan rumus COUNTIFS tersebut?

Syntax penulisan rumus COUNTIFS adalah
=COUNTIFS(range1,critera1,range2,critera2)

Maka dengan mengetahui format penulisan rumus diatas kita dapat menerapkan pada kondisi contoh soal adalah

=COUNTIFS(D3:D7;"Majalengka";F3:F7;">60")

Hasilnya : 1
Karena untuk kota Majalengka yang melakukan entri data yang lebih dari 60 adalah 1 yaitu pada bulan Maret 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar